Membuat Selai Nanas Sendiri

Hari senin kemarin karena libur n pengen nyoba sesuatu yang baru, akhirnya berjalan ke dapur, lihat isi kulkas, ternyata ada nanas. Pikir2 ketimbang nanasnya rusak kelamaan disimpan, jadi puny ide tuk bikin selai, rencananya sich selai ini mau Ai pake tuk bikin cake keesokan harinya, tapi sampai sekarang belum terealisasikan (!^ ^).

Cara bikin selai simple banget kok, dijamin ngga ribet, bagi yang baru belajar masak kayak Ai ne, pasti bisa bikin selai. Lebih menguntungkan n dari segi rasa bisa diatur sendiri sukanya gimana, apa suka yang super manis, manis biasa, atau manis tp masih ada kecut-kecut gimanaa gitu, hehe. Kalo Ai suka rasa yang terakhir, lebih segar aja.

Sebenarnya, udah banyak tulisan yang membahas gimana cara bikin selai nanas, apa bedanya dengan tulisan ini, ada, penulisnya beda jadi cara menyajikannya juga beda, hehe

Baik tanpa berpanjang lebar lagi,berikut langkah-langkah membuat selai nanas:

Bahan:

– 1/2 kg Buah nanas (kalo bisa pilih buah yang masih segar n ngga terlalu matang karena akan mempengaruhi kesegarn selai yang dibuat)

– 200 gram Gula pasir

– Garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Kupas nanas

2. Lumuri buah nanas dengan garam sambil digosok merata pada permukaan buah yang sudah dikupas (tujuannya adalah untuk menghindarkan rasa gatal pada lidah dan tenggorokan ketika nanas dikonsumsi nanti)

3. Potong nanas menjadi 2-4 bagian kemudian diparut (jika tidak ingin repot,parut bisa diganti dengan blender,akan tetapi tekstur selai yang dihasilkan terlalu hancur,jadi Ai sarankan untuk menggunakan parut)

selai nanas_parut

5. Campur nanas yang sudah diparut dengan gula (ukurannya per ½ kg nanas 200 gr gula pasir, tapi bisa disesuaikan dengan selera, karena itu ketika memasak jangan langsung menuang semua gula)

6. Masak di atas api sedang sampai mengental dan tersisa sedikit air

selai nanas_masak

7. Angkat dan dinginkan

selai nanas_dingin

8. Simpan dalam wadah tertutup rapat

selai nanas_jadi

Jika suka, bisa ditambahkan dengan rempah, tapi karena dikulkas cuma ada itu ya Ai ngga pake.

Rasanya yummy banget, keponakanku sampe bilang kalo selai yang Ai buat lebih enak ketimbang yang ada ditoko,hehe.

Selamat mencoba ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s