My Real SuperHero

batman-v-superman-dawn-of-justice_bb788b6f

Film mengenai Superhero sepertinya sangat laris di pasaran. Terbukti biasanya film-film dengan tema tersebut masuk dalam daftar box office. Terakhir, dilansir dari http://www.jpnn.com/ film Batman Vs Superman meraup keuntungan USD 250 juta. Angka yang sangat fantastis bukan? (Mata langsung hijau nih. Hayooo USD 250 juta berapa rupiah? Hehe)

Tetapi, saya tidak sedang ingin membicarakan film tersebut. Saya ingin bercerita mengenai real Superhero, Superhero yang ada di dunia nyata, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Mengapa saya katakan kalau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Real Superhero?

Pertama, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam benar-benar ada, nyata, Real.

Kedua, coba kita lihat dari segi bahasa  Superhero berarti pahlawan super. Kalau menurut National Periodical Publications v. Empire Comics, New York Court of Appeals, 21 April 1954. Pahlawan super adalah karakter fiksi yang “memiliki kekuatan luar biasa untuk melakukan tindakan hebat untuk kepentingan umum“.

Oke, saya menggaris bawahi karakter fiksi, karena itu tadi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan karakter fiksi.

Kemudian, ciri khas superhero adalah memiliki kekuatan luar biasa yang tidak dimiliki manusia pada umumnya. Contohnya Superman bisa terbang, sangat kuat dan matanya bisa mengeluarkan sinar laser. Bagaimana dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Ada. Contohnya air bisa memancar dari sela-sela jari Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kisahnya. Ketika perang Hudaibiyah pasukan muslim ditimpa kehausan. Air waktu itu sangat sedikit. Yang tersisa hanya air yang ada di dalam sebuah bejana yang dipakai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk berwudhu. Para sahabat pun menghampiri Rasulullah dan mengadu kalau mereka kehausan dan tidak ada air untuk minum apalagi untuk berwudhu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian meletakkan tangannya ke dalam bejana tersebut. Seketika itu, keluarlah air dari sela-sela jari beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan sangat deras, seperti mata air. Seluruh pasukan muslim pun minum dan berwudhu dengan air tersebut. Jumlah seluruh pasukan muslim kala itu 1500 (seribu lima ratus) orang. [1]

Rasulullah juga diberikan kekuatan oleh Allah subhaanahu wa ta’ala mengenyangkan banyak orang hanya dengan segelas susu.

Kisahnya. Suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melewati sahabat yang bernama Abu Hurairah. Abu Hurairah ini adalah sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sangat banyak ilmunya dan juga kuat hafalannya. Tetapi Abu Hurairah miskin dan sering kelaparan.

Ketika melewati Abu Hurairah tersebut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tersenyum. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajak sang sahabat ke rumahnya. Sampai di rumah, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menemukan segelas susu yang merupakan hadiah dari seseorang.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian meminta Abu Hurairah memanggil Ahlush shuffah (sekumpulan sahabat yang tinggal di masjid Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam karena tidak punya harta dan keluarga di kota Madinah).

Setelah Ahlush shuffah berkumpul di rumah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Hurairah diminta untuk membagikan susu tersebut. Abu Hurairah yang kelaparan sebenarnya ingin meminum susu itu walau hanya seteguk. Tetapi, dia tidak berani membantah dan langsung memberikan susu itu kepada orang pertama.

Setelah orang pertama puas meminum susu, Abu Hurairah memberikan pada orang kedua, ketiga dan seterusnya sampai semuanya merasa puas. Gelas tersebut kemudian dikembalikan pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sekarang, tinggal Abu Hurairah dan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Gelas tersebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikan pada Abu Hurairah untuk diminum terlebih dahulu. Abu Hurairah pun meminumnya sampai tidak ada tempat lagi di perutnya. Setelah itu, barulah Rasullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meminumnya dengan terlebih dahulu mengucap syukur pada Allah subhaanahu wa ta’ala.[2]

Luar biasa kan kisahnya? Sejauh sepengetahuan saya, sepertinya belum ada di film Superhero yang bisa seperti itu, hehe.

Itu baru dua kisah mengenai kehebatan yang dikaruniakan Allah subhaanahu wa ta’ala pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  Masih banyak kehebatan-kehebatan lain yang tidak akan saya sebutkan dalam tulisan ini.

Selanjutnya, apakah kekuatan yang dimiliki tersebut untuk kepentingan umum? Tidak perlu dijawab yaa. Dari dua kisah itu saja sudah kelihatan kalau kekuatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam digunakan untuk kepentingan umum. Malah, Rasulullah lebih mendahulukan sahabat-sahabatnya. Tidak egois.

Terakhir, kehebatan yang dikaruniakan Allah subhaanahu wa ta’ala tersebut, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh orang-orang yang hidup pada masa beliau. Tetapi juga dirasakan oleh orang-orang yang hidup setelahnya, seperti kita-kita ini.

Al-Qur’an merupakan bukti nyata akan kebenaran ajaran beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di dalamnya kita bisa mendapatkan petunjuk apapun yang kita cari. Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan cara hidup terbaik yang pernah dicontohkan oleh orang di muka bumi ini. Jika kita berpegang teguh pada keduanya, yaitu Alqur’an dan Sunnah, dijamin kita akan selamat dunia dan akhirat.

Jadi, My Real Superhero adalah orang yang bukan hanya bisa menyelamatkan di dunia tetapi juga menyelamatkan di akhirat.Bukan fiktif tapi real. Jadi wajar dong kalau saya sebut Superhero yang sesungguhnya adalah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bukan hanya bagi saya tetapi bagi kita, ya kan? 🙂

Sumber cerita:

[1] HR. Al-Bukhari, no. 3572

[2] HR. Al-Bukhari, no. 6087

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s