Pengalaman Berbelanja di Toko Fajar Timur Cakranegara Mataram

Ada beberapa barang yang ingiiiin sekali aku beli dari dulu tapi karena kebutuhan yang lain lebih mendesak ya belinya ditunda. Berhubung barang-barang ini sudah lama aku iidam-idamkan, aku tulis deh di buku wishlist. Senang aja kalau ada harapan yang sudah terkabul terus dicoret dari daftar, kesannya gimanaa gitu, hehe.

Beberapa bulan sebelum beli, aku sudah cari-cari info harga barang-barang ini. Dari pengalaman, beberapa kali belanja aku puas belanja online. Nggak perlu capek-capek keluar rumah, sudah bisa cuci mata. Harap-harap cemas nunggu barang datang itu sensainya kayak dikasi hadiah ๐Ÿ˜€ Harganya juga lumayan miring. Pernah lho, aku beli barang online yang harga plus ongkirnya masih lebih murah ketimbang beli langsung di toko. Makanya, aku jadi kayak ketagihan gitu belanja online.

Mulailah aku ย browsing harga-harga barang. Jelas harga di situs yang satu dengan yang lainnya beda. Aku bandingkan beberapa situs supaya dapat harga yang paling murah. Eits…harga itu sudah termasuk ongkir dong ya. Apa pasal? Ada barang yang harganya lebih murah dibanding dengan situs yang satunya tapi setelah dijumlahkan dengan ongkir totalnya jadi lebih banyak. Kok bisa? Ya bisa, faktornya banyak, contohnya aku kan tinggal di Lombok, kalau beli barang yang di Jakarta pasti ongkirnya lebih mahal kan ketimbang dengan beli di Solo. Hehe

Oke, lanjut.

Setelah browsing, aku dapat harga barang-barang yang aku mau. Tadaaaa

Oven Kirin low watt = Rp. 559.000

Mixer Philips = Rp. 465.000

Setrika PhilipsGC 122/37 = 176.700

Kenapa aku pilih ketiga barang itu? Pertimbangannya apa yaa? Besok-besok deh aku bahas di artikel yang lain yaa sekaligus reviewnya, Insya Alloh ๐Ÿ˜€

Jadi kalau di total, ketiga barang itu harganya ditambah ongkir sekitar Rp. 1.442.000

Tapi aku nggak langsung mutusin buat beli online. Barang-barang tadi kan berat, apalagi oven, jadi besar kemungkinan akan lebih mahal ketimbang beli langsung.

Setelah uangnya cukup, malam minggu, aku lupa tanggal berapa yang penting malam minggu :-D, aku ajak ayah Maryam keluar sekalian sama seluruh warga rumah, ceritanya refreshing nih. Biasanya sih sulit banget ngajak ayah keluar, tapi tumben-tumbennya ayah mengiyakan. Horeee … Godaan istri solehah, hihihi

Ada dua toko yang aku kunjungi malam itu, Giant dan Ruby. Ke Giant sekalian temani keponakan main, karena tokonya juga baru buka, kali aja lagi ada promo. Ternyata eh ternyata, barangnya sedikiiiit, yang aku cari juga nggak ada. Lanjut ke Ruby. Di Ruby, ada barang yang aku cari dan hargnya ternyata benar, lebih mahal dibandingkan dengan yang online. Tapi, tipe mixer yang aku cari juga nggak ada. Oke, jadi ke Ruby cuma catat harga, hehe.

Beberapa hari kemudian, waktu si ayah senggang, aku ajak lagi keluar, tapi kali ini nggak bawa warga rumah biar bisa lebih santai. Satu toko yang aku ingat terkenal murah itu namanya toko Fajar Timur. Aku pernah dulu beli kipas di sini, waktu itu harganya 255ribu. Beberapa waktu setelah beli, nggak sengaja ngeliat kipas yang sama di salah satu swalayan yang ada di Mataram. Dan tebak apa? Di sana harganya 300an lebih. Jauh banget kan beda harganya?

Masuk ke toko langsung disambut sama mbak-mbak yang ramah. Pertanyaan klise โ€œcari apa mbak?โ€ hehe. Karena yang pertama aku lihat setrika, ya aku bilang setrika, hihi.

IMG_20170208_095735

Kebetulan hari itu ada beberapa tipe. Aku tanya, ada garansinya nggak. Mbaknya jawab ada, kalau memang barangnya bermasalah tinggal bawa ke toko. Setelah tanya-tanya ย lagi masalah spesifikasi beberapa setrika itu, aku pilihlah model HD1173. Eh kok langsung beli? Iyaa karena harganya ternyata lebih murah ketimbang yang di online ๐Ÿ˜€

Yang kedua aku beli mixer. Aku tanya bedanya tipe yang di kanan sama kiri apa? Mbaknya jujur bilang, kalau yang sebelah kiri tipe lama ngaduknya kurang cepat. Tipe baru lebih bagus. Padahal aku udah browsing sih. Jadi tahu kan kalau mbaknya jujur atau nggak, hehe. Kalau mbaknya mau bohong bisa aja kan dia bilang tipe lama lebih bagus, masuk akal kalau lihat harganya.

IMG_20170208_095727

Dan yang terakhir, tentu saja oven. Aku kan bilang sama mbaknya, kalau aku mau yang tipe terbaru. Sayangnya di sana nggak ada. Mbaknya minta mbak yang di kasir telpon siapa gitu, tanyain barang yang aku mau. Katanya ada. Horeeee.

Harap-harap cemas nunggu ovennya. Beberapa menit lewat ovennya belum datang juga, aku tanya-tanya deh harga barang-barang yang lain sambil lihat-lihat barang apa aja yang dijual. Mbak yang layanin aku ini ramah, mau ngeladenin semua pertanyaanku tanpa pasang wajah nggak enak. Pas aku tanya klakat, aku bilang kan mau lihat dulu. Langsung dicarikan sama mbaknya. Sayangnya, bentuk dan ukuran yang aku cari nggak sesuai. Ya aku minta maaf deh bilang nggak beli. Ternyata mbaknya masih tetap ramah lho, sambil sennyum bilang nggak apa-apa ๐Ÿ˜€

Selesai lihat klakat, tengokin si ayah yang di luar lagi nunggu. Khawatir aja bakalan marah karena kelamaan, eh ternyata adem-adem aja ๐Ÿ˜€ Masuk lagi dan ovennya datang. Tapiiiii … ovennya nggak sesuai sama yang aku cari pemirsa ๐Ÿ˜ฆ yang ada tipe lama, mungkin belum sampai Lombok barangnya, harganya juga lebih mahal dibanding yang tipe baru. Aku awalnya nolak, bilang nggak beli. Tapi setelah pikir-pikir dan cek harga, totalnya masih lebih murah ketimbang beli online sih. Oke deh fix, bungkuuuus. Total belanja sekitar Rp. 1.407.000.

Eeeh sebelum bayar mbaknya sempat ngasi tahu kalau daya awalnya 600 watt. Aku bilang nggak apa-apa. Terus ditanya lagi, untuk usaha atau buat jajan sendiri? Ya aku bilang untuk belajar bikin jajan, hehe. Tahu jawaban mbaknya apa? โ€œooh iyaa, nggak apa-apa kalau untuk bikin sendiriโ€. Mungkin maksud mbaknya, kalau untuk jualan jatuhnya lebih mahal ketimbang oven gas. Kayaknya sih, mbaknya mau nyaranin aku beli oven gas kalau aku jawab untuk usaha ๐Ÿ˜€

Setelah bayar, mbaknya nganter aku sampai parkiran, sambil ngingetin kalau barangnya bermasalah bawa aja ke toko sekalian kartu garansinya juga.

IMG_20170323_175619

Belanjaan di Fajar Timur

Sampai di rumah, ibu evaluator sudah nunggu, hehe. Niniknya Maryam cek-cek barang dan senyum bilang bagus, asiiiik, nggak ada kritikan, hihi. Nggak lama sampai rumah, eh azan Zuhur. Si ayah udah siap ke masjid dengan baju koko modern lengan panjangnya. Terima kasih ayah, udah temani belanja dan sabar nunggu :-* ๐Ÿ˜€

Back to the topic. Dari segi harga dan pelayanan aku puas belanja di toko Fajar Timur. Untuk teman-teman yang mau belanja di sana, ini alamatnya.
Fajar Timur.png

Jl. A. A Gede Ngurah, Mataram, Cilinaya, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83239, Indonesia.

O ya, Fajar Timur ada dua, Toko Fajar Timur yang di deretan toko Mirasa dan Toko Fajar Timur 2 yang di deretan Bank Mandiri. Tempatku belanja Toko Fajar Timur 2. Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

 

Salam hangat,
Husnul Aini

4 thoughts on “Pengalaman Berbelanja di Toko Fajar Timur Cakranegara Mataram

Leave a Reply

