Pegasus, Teman Seperjuangan Saya yang Tangguh

LOMBA-BLOG-ASUS-E202

Hai … teman-teman, apa kabar semua? Nggak terasa ya sudah masuk akhir Ramadhan. Sedih nggak? Iya pastilah sedih ya. Secara bulan penuh keberkahan sebentar lagi ninggalin kita. Semoga amalan kita di bulan ini diterima oleh Allah dan kita bisa dipertemukan lagi dengan Ramadhan di tahun berikutnya, Aamiin.

Ngomong-ngomong masalah sedih, kesedihan saya plus plus nih kawan. Pertama, itu tadi, karena bentar lagi ditinggal Ramadhan. Kedua, Ramadhan kali ini harus LDR-an sama si ayah. Dan yang ketiga, laptop kesayangan saya rusaaaak 😦

Laptop itu sudah lama banget jadi teman seperjuangan saya. Nggak terhitung berapa banyak pekerjaan penting yang bisa saya selesaikan dan berjalan lancar ditemani laptop itu, saya sampai kasih nama kesayangan buat dia, Pegasus.

Hmm… jadi ingat zaman ngerjain tugas kuliah. Tahu sendirilah ya, kalau jadi anak kuliahan itu tugasnya bejibun. Waktu yang terbatas dan tugas yang banyak membuat saya harus pintar-pintar manfaatkan waktu. Alhasil, saya selalu membawa Pegasus kemanapun pergi. Sambil nunggu dosen, saya manfaatkan waktu dengan membuat tugas. Kalau tugas belum selesai, beberapa detik sebelum presentasi saya masih sempatkan finishing, hehe Continue reading

Advertisements

Rekomendasi Baju Keluarga untuk Lebaran dan Aktivitas Sehari-hari

HAFA-20

Lebaran udah lewat kok masih bahas baju lebaran aja?
Mungkin pertanyaan ini langsung terlintas begitu membaca judul postingan saya kali ini. Eits, Lebaran Idul Fitri memang sudah lewat tapi ingat Lebaran Idul Adha sudah menunggu di depan mata lho!. Idul Fitri juga bukan sekali seumur hidup kan tapi datang tiap tahun. Menjelang Lebaran biasanya pada ribut kan cari Trend Fashion Muslim terkini baik itu di dunia nyata seperti mall atau di dunia maya seperti Facebook. Eh sekarang aja, olshop-olshop sudah pada ribut tuh promosi barang jualan untuk Idul Adha.

Menyiapkan baju keluarga memang harus jauh-jauh hari. Kalau mepet-mepet hari-H pasti susah cari baju yang pas sesuai keinginan. Belum lagi harga yang biasanya melonjak yang bikin dompet kembang kempis. Seperti Idul Fitri tahun ini. Saya sangat pusing mencarikan jilbab untuk Ninik. Harus keliling pusat belanja Fashion Muslim di kota Mataram. Repotnya lagi karena membawa si kecil. Kasian, Maryam sampai demam di malam Lebaran. Itu baru jilbab Ninik, bagaimana kalau saya harus mencari baju untuk semua anggota keluarga? Selera beda-beda, belum lagi ukuran yang bermacam-macam. Bisa-bisa saya pun ikut jatuh sakit karena kelelahan.

Belajar dari pengalaman, Continue reading

My Real SuperHero

batman-v-superman-dawn-of-justice_bb788b6f

Film mengenai Superhero sepertinya sangat laris di pasaran. Terbukti biasanya film-film dengan tema tersebut masuk dalam daftar box office. Terakhir, dilansir dari http://www.jpnn.com/ film Batman Vs Superman meraup keuntungan USD 250 juta. Angka yang sangat fantastis bukan? (Mata langsung hijau nih. Hayooo USD 250 juta berapa rupiah? Hehe)

Tetapi, saya tidak sedang ingin membicarakan film tersebut. Saya ingin bercerita mengenai real Superhero, Superhero yang ada di dunia nyata, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Mengapa saya katakan kalau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Real Superhero?

Pertama, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam benar-benar ada, nyata, Real.

Kedua, coba kita lihat dari segi bahasa  Superhero berarti pahlawan super. Kalau menurut National Periodical Publications v. Empire Comics, New York Court of Appeals, 21 April 1954. Pahlawan super adalah karakter fiksi yang “memiliki kekuatan luar biasa untuk melakukan tindakan hebat untuk kepentingan umum“.

Oke, saya menggaris bawahi karakter fiksi, karena itu tadi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan karakter fiksi.

Kemudian, ciri khas superhero adalah memiliki kekuatan luar biasa yang tidak dimiliki manusia pada umumnya. Contohnya Superman bisa terbang, sangat kuat dan matanya bisa mengeluarkan sinar laser. Bagaimana dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? Continue reading

Ibadah dan Hak Anak-anak Kita

Sepulang tarawih, seperti biasa, saya dan keluarga duduk-duduk berkumpul sembari menikmati rezeki dari Allah hari itu. Ada obrolan menarik yang dibuka oleh ummy. Sewaktu tarawih di masjid, ummy satu shaf dengan seorang perempuan yang membawa anaknya. Usia anak itu kira-kira di bawah 6 bulan. Masih sangat kecil memang. Merangkak saja bayi itu belum bisa.

Ketika akan mulai sholat, bayi itu diletakkan di samping tempat sujud si ibu. Begitu diletakkan, bayi tersebut menangis meraung-raung. Tetapi, si ibu terus saja melanjutkan sholatnya sampai salam. Setelah salam, barulah si ibu menggendong bayinya lagi. Bayi itu pun diam.

Ketika akan mulai sholat lagi untuk tarawih. Si ibu meletakkan lagi bayinya. Bayi itu pun menangis lagi. Selepas salam si ibu menggendong anaknya lagi. Kejadian tersebut berulang terus sampai dengan selesai sholat witir. Continue reading

[Resensi] Belajar Memanusiakan Manusia dari Cerita Cinta yang Tak Biasa

“Cerita yang kita punya takkan ada jika tak percaya” – Dalam Duka, Letto

13237835_1366653490028344_4083677831693177622_n

Apakah kamu mempunyai benda kesayangan? Yang dijadikan tempat berbagi saat suka atau pun duka. Seperti boneka atau motor misalnya. Bagaimana jika benda yang selama ini kamu ajak bicara bisa memahami apa yang kamu katakan? Bahkan benda tersebut bisa merasa dan bahkan jatuh cinta? Tema itulah yang diangkat dalam novel berjudul Maneken ini.
Maneken, sesuai judulnya bercerita mengenai dunia sepasang maneken bernama Claudia dan Fere. Maneken yang mempunyai kemampuan spesial layaknya makhluk hidup. Kedua maneken ini adalah maneken istimewa yang dipajang di toko Medilon Shakespeare. Toko ini memiliki konsep berbeda dan ingin menjadi trend setter di dunia fashion. Pemilik toko tersebut bernama Shopie. Ia adalah manager yang mengonsep Medilon Shakespeare sekaligus yang membuat ke-2 maneken itu menjadi bintang.
Kisah berawal ketika Shopie membawa Claudy ke dalam Medilon Shakespeare. Ia meletakkan Claudy di dalam sebuah etalase utama. Etalase yang terbuat dari kaca murni dan terletak di bagian paling depan toko, menjorok keluar membentuk lengkungan. Shopie mengatakan pada Claudy bahwa etalase tersebut diperuntukkan khusus untuknya dan dialah yang paling pantas menempatinya (halaman 3). Perkataan Shopie inilah yang kemudian membuat Claudy tidak senang dengan Fere, maneken pria yang diletakkan pada etalase yang sama dengannya.
Ketidaksukaan Claudy semakin menjadi saat Fere memperkenalkan diri dengan bahasa Prancis. Bahasa yang sama sekali tidak dimengerti oleh Claudy. Claudy jadi merasa terlihat bodoh. Ini membuatnya mempunyai kesan yang tidak bagus mengenai Fere. Menurutnya, Fere adalah maneken yang sombong.

Continue reading

[Resensi] Sebuah Upaya Pencucian Otak dari Berbagai Aspek

#Buka-bukaanDuniaTambang cover

Dunia pertambangan masih menuai pro dan kontra oleh berbagai pihak. Namun, kegiatan itu harus terus berjalan untuk memenuhi kebutuhan penduduk dunia. Di sisi lain, banyak masyarakat menyangsikan manfaat dari adanya pertambangan. Tidak jarang, rumor negatif berhembus dan menjadi pemicu adanya tindakan brutal. Seperti kasus yang terjadi pada PT Newmont Nusa Tenggara, di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Berbagai tuduhan dialamatkan pada Newmont. Tuduhan pencemaran akibat penempatan tailing di laut, isu nasionalisasi karena dianggap perusahaan asing, tidak taat pada peraturan pemerintah dan sederet tuduhan miring lainnya (halaman 8). Saya pun sering mendengar isu tersebut dari teman ataupun kerabat. Hal ini mungkin disebabkan karena dekatnya saya dengan orang-orang yang tinggal di kawasan lingkar tambang maupun orang yang bekerja di Newmont. Untuk membuktikan bahwa berbagai tuduhan itu tidak benar, PT NNT melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan mengadakan program Sustainable Mining Bootcamp (SMB). Para pesertanya berasal dari beragam latar belakang profesi dan memiliki semangat tinggi untuk membagikan pengalamannya di media sosial (halaman 8). Dan buku Buka-bukaan Dunia Tambang ini merupakan kumpulan dari tulisan para peserta tersebut.

Terdapat 31 artikel yang ditulis oleh peserta Newmont Bootcamp yang berbeda berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing. Artikel 1-27 merupakan artikel yang membahas kegiatan peserta di pertambangan Batu Hijau, Sumbawa Barat. Sedangkan artikel selanjutnya berisi kegiatan peserta di Teluk Buyat, Minahasa.

Tiap artikel mengangkat tema yang beragam. Tetapi, Continue reading

[Master Post] Indah Hanaco Reading Challenge 2016

cymera_20160111_080739

Dari tahun 2014 sebenarnya pengen ikut Reading Challenge (RC), tapi entah kenapa batal terus. Di tahun 2016 ini, yah meskipun nggak di awal tahun, aku mutusin untuk ikut RC. Mulainya dari yang ringan-ringan dulu. Jadi, mutusin untuk ikut RC karyanya mbak Indah Hanaco.

Alasan yang lain, biar semangat membaca dan menulis tetap ada. Keseringan membaca tapi nulis reviewnya di “ntaran” dulu sampai lupa apa yang mau ditulis.

Oke. Biar nggak berpanjang kata, rules untuk RC ini ada beberapa poin: Continue reading

[Resensi] Cinta Mengajarkan Banyak Hal

bukan pangeran kodok ACC

Setiap manusia yang hidup di muka bumi ini, pasti pernah merasakan cinta. Baik itu cinta yang dalam ataupun cinta yang dangkal. Bicara mengenai cinta juga tidak ada habisnya. Selalu ada sisi menarik yang bisa dikupas.

Buku Bukan Pangeran Kodok merupakan kumpulan cerita pendek yang membahas mengenai cinta. Karya beberapa penulis hebat yang tergabung dalam komunitas Be A Writer. Terdapat total 15 kisah yang dibuat oleh penulis yang berbeda.

Cerita pertama di buka oleh cerpen yang berjudul Jejaring Romansa. Kisah mengenai remaja sekolah bernama Anne yang akun fb-nya di hack oleh seseorang. Hacker tersebut mengunggah foto dan status yang membuat Anne malu dan mencemarkan nama baiknya. Anne dan sahabatnya pun berusaha mencari tahu pelaku di balik serangan itu. Mereka meminta tolong pada Langit teman satu angkatan di sekolah untuk memulihkan akun Anne kembali. Namun, sebuah pesan singkat yang diterima oleh Anne mengatakan bahwa Langit Continue reading

Kuis Sayap Sakinah

Beberapa waktu yang lalu, aku sempat ikut kuis Sayap Sakinah dan Alhamdulillaah menang, senangnyaaaaaa. Kuis ini diadakan sama kak Afifah Afra, itu lho penulis kawakan yang karyanya bagus-bagus, kayaknya semua udah tahu deh ya,hehe. Kuis tersebut diadakan bertepatan dengan detik-detik pengumuman hasil pilpres, 22 Juli 2014. Semua juga pasti tahu kan, gimana meriahnya pesta demokrasi kali ini. Sampai-sampai sempat beredar isu akan ada keributan-Alhamdulillaah nggak terjadi. Hadiah dari kuis ini adalah buku barunya kak Afifah Afra yang berjudul Sayap-sayap sakinah. Ini dia penampakan bukunya ^^

Sayap Sayap sakinahUntuk dapat mengikuti kuis ini, peserta diminta membuat quote dengan tema pilpres damai. Inilah Continue reading